Jumat, 22 Agustus 2008

ANEKDOT

Ada sebuah pulau yang dihuni sekitar 2000 orang jumlah tersebut berdasarkan informasi secara lisan yang diperoleh dari hasil obrolan dengan salah seorang yang kebetulan pernah berdomosili di pulau terpencil tersebut.
Suatu hari sebuah perusahaan sepatu merencanakan akan melakukan survey ke pulau tersebut dalam rangka pengembangan usahanya.
Pertama, berangkatlah petugas dari divisi produksi yang langsung mendatangi pulau tersebut alhasil adalah benar kalau di pulau tersebut penduduknya sekitar 2000 orang dan belum ada yang pakai sepatu, dan merekomendasikan kepada perusahaannya untuk memproduksi 2000 pasang sepatu.
Kedua, petugas yang diberangkatkan dari divisi Sales untuk melakukan survey dalam rangka mencari prospek penjualan untuk produk sepatu, setelah melakukan kegiatannya si petugas tersebut kembali serta merekomendasikan agar perusahaan segera memproduksi sekitar 2000 pasang sepatu dengan penduduk di pulau tersebut belum ada satu orangpun yang pakai sepatu maka kondisi ini akan menjadi peluang pasar.
Ketiga,Setelah tim dari bagian produksi dan Sales maka perusahaan mengirimkan petugas dari divisi marketing untuk melakukan survey dalam rangka mencari peluang pengembangan pemasaran produk sepatu ke lokasi pulau terpencil tersebut. Berbekal dari informasi dan data dari petugas sebelumnya maka para marketer inipun melaksanakan tugasnya, Selama berada di pulau tersebut tim ini membuat berbagai macam catatan diantarnya berisikan data:
  1. Transportasi yang tersedia untuk menuju atau keluar dari pulau tersebut
  2. Jumlah penduduk yang lebih terinci mulai dari jenis kelamin,rata-rata usia,pendapatan ekonomi.
  3. Jumlah dan jenis lembaga pendidikan yang ada beserta jumlah siswanya
  4. Jumlah perkantoran,pemerintahan beserta jumlah pegawainya
  5. Termasuk informasi mengenai kemungkinan akan masuknya pesaiang atau produk substitusi yang mungkin akan masuk kepulau tersebut.
Setelah merasakan cukup akan data yang dibutuhkan maka tim ini kembali dan segera melakukan evaluasi dan pengolahan data dari hasil survey, maka akhirnya tim inipun memberikan laporan dan rekomendasi kepada perusahaan diantaranya :
  • Jumlah penduduknya adalah sekitar 2000 orang, dan belum ada satu orangpun yang pakai sepatu.
  • Tidak semuanya membutuhkan sepatu, karena mayoritas pekerjaannya adalah sebagi nelayan dan petani.
  • Peluang pasar utuk sepatu adalah pegawai kantor Kecamatan dan Kelurahan, serta beberapa Sekolah Dasar yang ada.
  • Maka kalau perusahaan mau memproduksi sepatu untuk dijual kepada masyarakat penghuni pulau tersebut maka untuk tahap pertama cukup sejumlah Murid Sekolah dan Pegawai Kantor setempat ditambah beberapa pasang untuk menangkap peluang pembeli diluar kedua kelompok tersebut, Jenis dan harga jualnyapun agar disesuaikan dengan selera dan daya beli masyarakat dan jangan lupa lakukan sosialisasi tentang manfaatnya bersepatu.

Tidak ada komentar: